Skip to content

Protest van Non-Acceptatie en van Non-Betaling

December 18, 2011

Pasal 142 Kitab Undang-undang Hukum Dagang (“KUHD”) memberikan hak regres (right of recourse/recht van regres) kepada pemegang surat wesel/surat sanggup terhadap setiap endossant, penarik/penerbit (trekker) dan debitor-debitor surat wesel lainnya (andere wisselschuldenaren) dalam hal:

  • Pada saat jatuh tempo:

bilamana pembayaran tidak terjadi

  • Bahkan sebelum saat jatuh tempo:
  1. bilamana akseptasi ditolak seluruhnya atau sebagian;
  2. dalam hal kepailitannya si tersangkut (apakah dia seorang akseptan atau bukan), dan pada saat itu juga saat kepada si tersangkut diberikan suatu penundaan kewajiban pembayaran utang;
  3. dalam hal kepailitannya si penarik/penerbit dari surat wesel yang tidak berlaku suat akseptasi.

Dengan demikian: bilamana terhadap suatu surat wesel berlaku akseptasi, maka sekalipun si penarik:

  • dinyatakan pailit; atau
  • diberikan penundaan kewajiban pembayaran utang

maka hak regres tidak dapat dijalankan.

Penolakan akseptasi harus dibuat dalam suatu akta otentik yang disebut sebagai protest van non-acceptatie, dan penolakan pembayaran harus dibuat dalam akta otentik yang disebut protest van non-betaling (Pasal 143 alinea pertama KUHD).

Pembuatan protest van non-acceptatie HARUS dilakukan dalam jangka waktu sebelum diajukannya aanbieding ter betaling yang dimaksud dalam Pasal-pasal 137 – 141 KUHD (Pasal 143 alinea kedua KUHD), dengan pengecualian sebagaimana diatur dalam Pasal 123 alinea pertama yang memungkinkan pembuatan protest van non-acceptatie bahkan sehari setelahnya.

Ketentuan tentang protest van non-acceptatie TIDAK berlaku bagi surat sanggup karena terhadap surat sanggup TIDAK ada akseptasi.

Pembuatan protest van non-betaling atas surat wesel yang dapat/harus dibayar

  • pada suatu hari yang telah ditetapkan; atau
  • suatu waktu tertentu setelah penanda-tanganan; atau
  • setelah ditunjukkan

HARUS dibuat pada salah satu dari kedua hari kerja setelah hari saat surat wesel (atau surat sanggup) harus dibayar. Bilamana hal tersebut berkaitan dengan suatu surat wesel (atau surat sanggup) yang dapat/harus dibayar saat ditunjukkan, maka protest van non-betaling harus dibuat sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang disebutkan dalam alinea kedua Pasal 143 tentang pembuatan protest van non-acceptatie (Pasal 143 alinea ketiga KUHD).

Dengan adanya protest van non-acceptatie, maka sudah tidak mungkin ada aanbieding ter betaling dan pembuatan protest van non-betaling sudah tidak ada gunanya (Pasal 143 alinea keempat KUHD).

Karena protest van non-acceptatie dan juga protest van non-betaling harus dibuat dalam akta otentik, maka aktanya hanya dapat dibuat oleh seorang notaris atau juru sita (Pasal 143 b KUHD).

Protest van non-acceptatie dan/atau protest van non-betaling dibuat atas permintaan:

  • tersangkut (dalam hal surat wesel yang terhadapnya berlaku akseptasi) (protest van non-acceptatie dan protest van non-betaling); atau
  • penarik/penerbit (dalam hal surat wesel yang terhadapnya tidak berlaku akseptasi) (protest van non-betaling saja) ; atau
  • penerbit (dalam hal surat sanggup) (protest van non-betaling saja).

Protest van non-acceptatie dan protest van non-betaling ini SANGAT PENTING bagi kreditor (pemegang surat wesel/surat sanggup) sekalipun dimintakan pembuatannya oleh debitor (tersangkut/penarik), karena dengan adanya akta otentik ini, kreditor memiliki bukti yang sempurna untuk menjalankan hak regresnya terhadap para endossanten, penarik dan debitor surat wesel (atau surat sanggup) lainnya, termasuk para avalists. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa pembuatan protest van non-acceptatie dan protest van non-betaling atas permintaan debitor secara tidak langsung adalah untuk kepentingan kreditor.

One Comment
  1. Terimakasih, Sir..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: